.box-contact{width:300px;height:380px;overflow:hidden;position:fixed;margin:20px auto;border:15px solid #ddd;z-index:100000;background:#fff;display:none;top:50%;margin-top:-205px;left:50%;margin-left:-165px} .boxcontact-iframe{width:100%;height:860px;overflow:hidden;position:relative;margin:0 auto} .boxcontact-iframe iframe{position:absolute;top:-360px;left:-3px} .ct-overlay{background:rgba(0,0,0,.7);position:fixed;top:0;left:0;bottom:0;right:0;z-index:99999;display:none}

Promo Agustus

Tips Sebelum dan Sesudah Mengerjakan Writing Test


Dalam setiap IELTS Writing Test (baik Academic Test maupun General Training Test), terdapat dua tugas (task) yang harus dikerjakan oleh para peserta tes dalam waktu 60 menit. Writing Task 1 (menulis report atau letter) disarankan untuk dikerjakan dalam waktu 20 menit, sedangkan Writing Task 2 (menulis essay) disarankan untuk dikerjakan dalam waktu 40 menit, sehingga total keduanya harus dapat terselesaikan dalam waktu 1 jam. Menulis dalam keterbatasan waktu seperti pada saat menjalani IELTS Test ini tentunya dapat membuat siapa pun merasa tertekan, apalagi bila topik soal yang diperoleh cukup sulit untuk dipahami!

Maka, apa yang harus dilakukan supaya waktu tes yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya?

Setiap kali memberikan latihan soal writing untuk murid-murid di IELTS Preparation Course, saya selalu menganjurkan pemanfaatan waktu yang efektif dan efisien, yakni dengan cara:

  1. Sebaiknya jangan langsung mulai menulis, melainkan luangkan waktu 3-5 menit terlebih dahulu untuk memahami soalnya, menemukan kata-kata kunci pada kalimat pertanyaan, memikirkan berbagai kemungkinan jawaban dan memilih yang tepat, serta merencanakan kerangka tulisan yang akan ditulis.
  2. Barulah kemudian tulis semuanya dengan cepat sesuai dengan apa yang telah direncanakan sampai dengan selesai dan memenuhi jumlah kata minimal untuk IELTS (Task 1 => 150 kata; Task 2 => 250 kata). Sebagai catatan, pada saat proses penulisan ini, sebaiknya jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan tata bahasa (grammar) yang sempurna ataupun kosakata (vocabulary) yang terlalu rumit.
  3. Sebelum tes berakhir, sedapat mungkin sisakan waktu 3-5 menit untuk membaca ulang dan menyunting apa yang telah ditulis, sekaligus mengkoreksi tata bahasa yang salah dan mengganti kosakata yang terlalu umum.

Semoga tips ini dapat membantu rekan-rekan IELTSJakarta.com dalam mengerjakan IELTS Writing Test!

Be SpecTacular! ;)
(Fredrik Nael)

0 comments:

Post a Comment