.box-contact{width:300px;height:380px;overflow:hidden;position:fixed;margin:20px auto;border:15px solid #ddd;z-index:100000;background:#fff;display:none;top:50%;margin-top:-205px;left:50%;margin-left:-165px} .boxcontact-iframe{width:100%;height:860px;overflow:hidden;position:relative;margin:0 auto} .boxcontact-iframe iframe{position:absolute;top:-360px;left:-3px} .ct-overlay{background:rgba(0,0,0,.7);position:fixed;top:0;left:0;bottom:0;right:0;z-index:99999;display:none}

Promo Agustus

Tips dan Strategi dalam Mengerjakan Paragraph Headings



Dalam tes Reading IELTS Anda mungkin akan diminta untuk mencocokkan judul untuk bagian teks. Ini merupakan jenis pertanyaan untuk menilai kemampuan anda untuk memahami gagasan utama setiap paragraf. Main idea atau gagasan utama adalah kalimat pendek yang merangkum informasi dalam paragraf. Anda harus memilih salah satu yang terbaik diantara 5 sampai 7 judul yang telah disediakan dan diminta untuk mencocokkan setiap paragraf dalam teks bacaan. Selalu ada lebih banyak judul daripada  paragraf.

Berikut adalah daftar masalah yang sering dihadapi peserta IELTS. Apakah Anda mengalami masalah ini?
  • Ada terlalu banyak informasi yang harus dibaca dengan kurun waktu yang terbatas. 
  • Mencoba untuk mencocokkan kata atau kata-kata dari “headings” dengan sebuah kata dalam teks.
  • Beberapa judul/headings mungkin tampak memiliki arti yang sama.
  • Beberapa peserta hanya membaca kalimat pertama dari setiap paragraf dan tidak memahami gagasan utama paragraph tersebut.
  • Menghabiskan terlalu banyak waktu di satu paragraf atau heading.
  • Jawaban tidak berada dalam urutan yang sama seperti teks.

Jawab pertanyaan satu persatu. Dengan melakukan ini, anda akan bisa mendapatkan arti umum teks secara keseluruhan dan ini akan membantu anda menyelesaikan sisa pertanyaan yang mengharuskan anda untuk melihat lebih rinci pada teks.


Anda tidak diharapkan untuk membaca setiap kata dari teks. Ini akan memakan waktu terlalu lama dan anda tidak punya waktu untuk ini. Dalam pertanyaan semacam ini anda hanya diharapkan untuk memahami gagasan utama setiap paragraf. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah untuk membaca satu atau dua kalimat yang pertama dan kalimat terakhir dari paragraf. Anda juga dapat secara singkat melihat sisa paragraf tetapi anda tidak perlu membaca setiap kata.

Jika ada kata-kata yang tidak anda mengerti, jangan terlalu khawatir tentang hal ini. Sekali lagi, anda hanya perlu khawatir tentang makna umum kalimat secara keseluruhan, bukan kata per kata. Bahkan penutur aslinya pun akan gagal untuk memahami setiap kata dalam tes membaca IELTS.

Mengerti arti dari sinonim. Banyak peserta IELTS Reading Test mencari kata-kata yang sama persis dengan kata-kata dalam teks dan mengabaikan sinonim. Misalnya, kata kunci di judul mungkin 'Beautiful', namun kata yang anda cari bisa banyak sinonim yang berbeda dari 'cantik' seperti 'menarik', 'indah' atau 'menakjubkan'.

Jika ada dua atau tiga judul yang sama, tulislah di samping paragraf dan coba untuk mencari tahu perbedaan antara dua judul. Apakah kata kuncinya? Bagaimana kata kunci ini mengubah makna? Mana yang paling cocok dengan paragraf?

Jika anda masih tidak dapat memutuskan mana yang paling sesuai, kerjakan soal yang selanjutnya dan anda bisa kembali lagi ke soal tersebut nanti. Biasanya akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan jawaban untuk soal tersebut setelah anda telah mencocokkan beberapa judul lainnya.

Abaikan apa pun yang anda sudah tahu tentang topic yang sedang dibahas. Fokus terhadap teks yang ada di hadapan anda dan bukan pengetahuan yang anda tahu tentang topik tersebut.

Jangan membaca terlalu cepat. Beberapa penguji menyarankan bahwa peserta hanya diharuskan meng'skim' teks karena anda tidak punya banyak waktu. Dalam pengalaman saya, ini justru mengakibatkan peserta tes IELTS tidak memahami teks dan membuat kesalahan dalam menjawab. Akan lebih baik untuk melakukan hal ini walaupun sedikit lebih lambat tetapi peserta benar-benar memahami apa yang ada di dalam teks yang sedang dibacanya untuk bisa memilih heading mana yang paling pas untuk paragraph tersebut.

Jangan panik jika anda tahu apa-apa tentang topik umum dari teks bacaan. IELTS tes membaca bukan tes tentang pengetahuan dan anda tidak diharapkan memiliki pengetahuan tentang topik tersebut.

Hindari untuk membaca ‘Heading’ terlebih dahulu karena ini secara otomatis akan membuat anda mencari kata-kata tertentu dalam teks daripada memahami gagasan utama. Ingat IELTS Reading “Paragraph Headings” adalah kemampuan anda untuk menemukan gagasan utama dan bukan kemampuan anda untuk menemukan informasi spesifik. 

Baca satu atau dua kalimat awal dan kalimat terakhir dari setiap paragraf untuk memahami makna umum ayat tersebut. Jangan khawatir tentang menyoroti kata kunci dalam ujian. Cobalah untuk meringkas arti umum paragraf dalam satu atau dua kata.
Ulangi sampai semua soal terjawab.

Selamat mencoba
by Yunita
IELTS Jakarta

0 comments:

Post a Comment