.box-contact{width:300px;height:380px;overflow:hidden;position:fixed;margin:20px auto;border:15px solid #ddd;z-index:100000;background:#fff;display:none;top:50%;margin-top:-205px;left:50%;margin-left:-165px} .boxcontact-iframe{width:100%;height:860px;overflow:hidden;position:relative;margin:0 auto} .boxcontact-iframe iframe{position:absolute;top:-360px;left:-3px} .ct-overlay{background:rgba(0,0,0,.7);position:fixed;top:0;left:0;bottom:0;right:0;z-index:99999;display:none}

Promo Agustus

Tulisan Tangan Jelek Mempengaruhi Nilai Writing ?

Benarkan tulisan tangan yang kurang bagus mempengaruhi nilai writing  ?

Banyak orang yang mengkhawatirkan nilai ielts pada bagian writing, dan menganggap bahwa writing adalah bagian yang paling sulit di bandingkan dengan bagian lain. Tentunya pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, mungkin benar bagi mereka yang tanpa persiapan dan tidak sempat belajar tentang format atau cara menulis yang baik dan benar pada ielts test bagian writing. Jadi tidak masalah bagian mana yang anda ambil baik writing academic module ataupun writing General module, selama anda tidak mempersiapkan diri dengan baik, tentunya semua soal akan jadi sulit.

Namun ada hal lain yang membuat para peserta test ielts khawatir menunggu nilai atau score writing, yaitu tentang tulisan tangan mereka yang dianggapnya kurang bagus. Tulisan tangan yang bagus disini bukan berarti tulisan tangan yang indah layaknya kaligrafi :) , tulisan tangan yang bagus yang di maksud adalah tulisan tangan yang bisa dibaca dengan jelas,  jadi examiner tanpa perlu berpikir atau menafsirkan apa yang anda tulis sudah langsung mengetahuinya ( readable ).



Sebenarnya bagus atau tidaknya tulisan tangan tidak akan mempengaruhi nilai writing anda, karena yang paling penting adalah content dan format penulisan. Tapi yang harus diingat adalah Examiner juga adalah manusia biasa. Jadi ada kemungkinan bisa melewatkan grammar atau phrase yang baik atau kosakata yang baik dari anda karena tulisan yang tidak bisa terbaca dengan baik. Hal itu tentunya akan sangat disayangkan. Jadi walaupun bentuk tulisan anda tidak akan mempengaruhi score writing anda, tapi setidaknya usahakan tulisan anda bisa terbaca dengan jelas, karena secara psikologis seorang examiner mungkin akan bisa membaca hasil tulisan anda dengan pelan dan keseluruhan hasil tulisan anda jika tulisan tersebut bisa dibaca dengan nyaman oleh examiner.

Bagi anda yang merasa mempunyai tulisan tangan kurang baik. Mulai sekarang berlatihlah menulis di kertas sampai puluhan lembar hinga akan terbiasa menulis dengan tangan. Karena banyak orang yang sehari hari tidak pernah lagi membuat tulisan tangan dengan jumlah yang banyak, karena sudah terbiasa mengetik dengan komputer. Untuk latihan ielts writing, jangan anda melakukannya pada komputer biasakan menulisnya pada kertas. Jika anda terus menerus berlatih soal writing ielts pada komputer, maka dipastikan pada hari test anda akan kurang merasa nyaman dan tidak bisa menulis dengan cepat yang akan berakibat pada waktu test yang akan terbuang sia sia karena anda tidak bisa menulis dengan cepat. Jadi biasakanlah diri anda untuk menulis mulai sekarang.

0 comments:

Post a Comment